Banyak proses globalisasi dilihat pengamat berciri ekonomi. Hal ini bisa dilihat (seperti yang dikemukakan Giddens) bahwa sebagian dari proses ekonomi dunia terdiri dari 200 perusahaan transnasional yang memproduksi antara sepertiga sampai setengah dari produksi dunia. Bidang otomotif, bahan kimia, bahan konstruksi dan semi konduktor adalah yang tergolong industri yang paling mengglobal. Sebagai contoh, 90 persen dari produksi semikonduktor dihasilkan oleh setidaknya sepuluh perusahaan transnasional. Transaksi financial skala global berlangsung 24 jam sehari karena dimungkinkan oleh kemampuan teknologi dalam memindahkan informasi. Bahkan dari sektor finansial inilah bisa dikatakan sebagai praktek ekonomi yang paling mengglobal. Oleh karena itu dikatakan banyak sumber, sebagian proses globalisasi dibentuk oleh aktivitas ekonomi skala-planet yang melahirkan sebuah ekonomi dunia yang saling terhubung, meski tidak secara seimbang.
Tabel 1
Bidang Usaha Korporasi Global
Korporasi bidang industri | Korporasi bidang teknologi informasi | Korporasi bidang jasa |
Mobil Minyak dan petrokimia Kimia dan obat-obatan Konstruksi dan bahan konstruksi Hutan dan produk kertas Perdagangan/konglomerat | Komputer dan elektronika Piranti lunak dan internet Telekomunikasi | Bank komersial Pelayanan transpotasi dan pos Pelayanan hukum Pelayanan bidang makanan Periklanan Media dan hiburan Konsultan dan akuntan Perdagangan eceran |
Tabel 2
MNCs yang Berasal dari Negara Sedang Berkembang
Amerika Latin | Asia Barat dan Selatan | Asia Timur | Asia Tenggara | Afrika |
Meksiko Gruma S.A.de CV CEMEX, S.A Vitro, S.A
Cili Enersis, S.A Gemer, S.A Empresas CMPC, S.A Compania de Potroleso de Cile Brasil Souza Cruz, S.A Petroleo Brasileiro, S.A Companhia Vale do Rio Doce Companhia Cerverjana Brahma
Argentina YPF, S.A Perez Companc, S.A
| Arab Saudi Saudi Basic Industries Corp.
India Reliance Industries Ltd. | Korea Selatan Hyundai Engineering & Construction Co. Dong-Ah Construction Int., Co Daewoo Co LG Electr. Co Samsung Elect. Sunkyong Group Cina Cina Ctate Constr. Eng. Corp. Cina Harbor Eng. Corp. China National Chemical Import & Expor Corp. China National Metal & Minerals Import & Export China Nat.Foreign Trade Transp. Corp. New World Dev.Co.Ltd. Jerdin-Matheson Holdings Ltd. Hutchinson Whampoa Ltd. Guangdong In.
| Malaysia Sime Derby Berhad Petronas
Singapura Keppel Corp.Ltd. Frase & Neve Ltd Want-Want Holdings
Singapore Airlines Ltd
Filipina San Miguel Corp. | Afrika Selatan Barlow Ltd. South African Breweries, PLC
Sappi
|
Sumber: diambil dari Wacana, Edisi 19 tahun VI 2005 (Jurnal Ilmu Sosial Transformasi), hal 21, yang telah diubah-disesuaikan dari sumber asli: Medard Gabel dan Henry Bruner, 2003, Global Inc: An Atlas of the Multinational Corporation, hal 6-7.
Perusahan Merek Global yang berasal dari Amerika Serikat
Perusahaan | Bidang Usaha | Perusahaan | Bidang Usaha |
Coca-Cola Microsoft IBM General Electric Intel Disney McDonald Marlboro Hewlett-Packard Citibank Ford American Express Gillette Cisco Budweiser Pepsi Oracle Morgan Stanley Merril Lynch Pfizer Deli Merck JP. Morgan Nike Kodak GAP Kellogg’s Heinz Goldman Sachs Harley Devidson MTV
| Minuman ringan Piranti lunak Komputer Peralatan listrik Piranti lunak Hiburan Restoran cepat saji Rokok Computer Bank Mobil Kartu kredit Pisau cukur Komputer Minuman Minuman ringan Komputer Lembaga keuangan Lembaga keuangan Obat-obatan Komputer Obat-obatan Lembaga keuangan Sepatu olah raga Fotografi Pakaian jadi Makanan Makanan Lembaga keuangan Motor Hiburan | Xerox KFC Apple Pizza Hut Accenture Kleenex Wringley’s Colgate Avon Sun Microsystem Kraft AOL Yahoo Time Tiffany Duracell Amazon.com Caterpillar Levi’s Hertz Motorola Boeing Johnson & Johnson Mobil Starbucks Burger King Polo Ralph Lauren FedEx Barbie Wall Street Journal Jack Daniel
| Mesin foto kopi Restoran cpt saji Computer Restoran Pakaian jadi Alat kebersihan Permen Pasta gigi Kosmetik Computer Makanan Komunikasi Komunikasi Majalah Pakaian jadi Batu baterei Toko buku Peralatan berat Pakaian jadi Persewaan mobil Telpon genggam Pesawat terbang Perawatan bayi Minyak Restoran Restoran Pakaian jadi Jasa pengiriman Boneka Koran Minuman keras
|
Sumber: diambil dari Wacana, Edisi 19 tahun VI 2005 (Jurnal Ilmu Sosial Transformasi), hal 23, yang telah diubah-disesuaikan dari sumber asli: Business Week, Edisi Asia, 4-11 Agustus 2003, hal 50-54.
Meningkatnya penyebaran MNCs di seluruh dunia baik dalam jenis maupun jumlahnya menimbulkan pengaruh yang sangat kuat pada minat dan perhatian masyarakat di belahan dunia manapun. Demikian kuatnya pengaruh keberadaan MNcs sehingga mampu mengubah tuntutan-tuntutan hidup seseorang. Tuntutan hidup seseorang bisa berubah mulai dari tuntutan berpakaian, mempunyai kendaraan sampai jenis alat komunikasi. Apa yang terjadi pada perubahan tuntutan sebenarnya bukan semata realita sederhana, namun di balik itu tersembunyi suatu gagasan dan persoalan ekonomi-politik konsumsi dalam globalisasi.
Dalam kaitan dengan persoalan ekonomi politik globalisasi itu, peranan teknologilah yang merupakan benang merahnya, khususnya teknologi informasi dan media. Keduanya menjadi alat jitu pembentuk cita rasa, gengsi dan status sosial dengan cara merekayasa kebutuhan, mengungkit permintaan dan mempengaruhi kinerja pasar. Dengan teknologi media berkecepatan mengagumkan, suatu trend mampu tercipta di penjuru dunia. Oleh karena itu sebenarnya bisa dikatakan bahwa teknologi dan media adalah mesin utama globalisasi yang menjalankan suatu gagasan yang disebut neoliberal.
Globalisasi Neoliberalisme
Inti Neoliberalisme sebenarnya adalah dilepaskannya hak istimewa atas modal dari berbagai tata aturan territorial maupun nasional, yang kemudian melahirkan kekuatan bisnis internasional yang berskala global. Dalam Neoliberalisme terkandung dua hal penting yaitu pertama, manusia hanya dilihat sebagai homo economicus, artinya transaksi dalam kegiatan ekonomi yang dilakukan manusia mendasari semua tindakan dan relasi antar manusia. Kedua, pertumbuhan ekonomi akan optimal jika lalu lintas modal yang dimiliki oleh pribadi dilepaskan kaitannya dengan proses survival sosial dan ditujukan untuk kepentingan akumulasi laba.
Maka, ketika kita berbicara mengenai globalisasi ekonomi, sesungguhnya kita tengah membicarakan tentang tata dunia baru yang bertumpu pada kekuasaan modal dan teknologi, yang di dalamnya ada tiga hal penting yaitu (1) tatanan kekuasaan global yang bertumpu pada praktik bisnis raksasa lintas negara, (2) peran perusahaan-perusahaan transnasional, dan (3) konsekuensinya berupa proses kultural ideologis yang menyertainya, yaitu budaya konsumerisme melalui bisnis periklanan (logo, merek dan label) dengan prinsip kenikmatan, gengsi, status dan kemewahan.
Globalisasi Korporasi: Penjajahan Ruang Hidup dan Pikiran?
Korporasi dicitrakan sebagai wahana pembangunan ekonomi dan alih teknologi serta membuat dunia semakin dekat. Tetapi dalam kenyataannya, 200 MNCs teratas di dunia juga menciptakan “apartheid ekonomi global”, yaituketimpangan kesejahteraan dan akses pad sumber daya yang luar biasa besar. Misalnya 31 bank dalam 200 korporasi teratas mempunyai asset gabungan sebesar 10,4 triliun dollar AS dan penjualan lebih dari 8 miliar dollar AS pada 1998. Sementara hampir 4,8 miliar penduduk dunia di negara dengan produk nasional bruto perkapita kurang dari 1.000 dollar AS pertahun, hanya segelintir orang yang punya akses dari kredit transnasional.
Apartheid ekonomi global pada dasarnya adalah penjajahan ruang hidup. Ruang hidup sebenarnya bukan kewilayahan fisik, melainkan seperangkat kebutuhan dasar hidup mencakup pangan, energi, air bersih, pendidikan, pelayanan kesehatan dan informasi. Ruang hidup juga mencakup kekebabasan menganut kepercayaan, gaya hidup dan pikiran tertentu.
Penjajahan ruang hidup dilakukan dengan memberi label “industri” pada banyak hal yang menyangkut khidupan, misalnya pelayanan kesehatan berubah menjadi industri kesehatan, penyediaan pangan berubah menjadi industri pertanian atau agrobisnis, pendidikan berubah menjadi industri pendidikan dsb.
Ideologi korporasi adalah laba melalui domonasi pasar dan sumber daya. Melalui manipulasi informasi, mereka mencitrakan diri dengan kepentingan masyarakat. Tanpa kita sadari, korporasi mengambil alih cara berpikir kita sebagai manusia, melalui pencitraan iklan dan berita media yang tidak berimbang.
Ada paradigma tertentu yang dibentuk dalam benak kita dan inilah yang dinamakn cikal bakal memetic engineering. Paradigma tersebut merupakan menyeragaman cara berpikir guna memudahkan perusahaan menghasilkan produk yang seragam untuk pasar yang seragam.
Kapitalisme Terorganisir
Realita tentang globalisasi di atas telah disorot oleh teoritikus pascaindustri, Lash dan Urry yang telah menggabungkan pandangan tentang perubahan ekonomi, organisasi dan teknologi untuk melihat restrukturisai dan regenerasi kapitalisme global. Pemikiran Lash dan Urry terpusat pada diskusi mengenai kapitalisme dunia di mana tak satupun perubahan ekonomi, teknologi maupun komposisi kelas dapat dibatasi pada suatu negara bangsa. Semua perubahan itu merupakan bagian dari proses globalisasi. Menurut Lash dan Urry, sejak pertengahan 1870-an dunia Barat mulai mengembangkan sejumlah ekonomi industrial sebagai bagian dari apa yang disebut”kapitalisme terorganisir” dengan ciri-ciri:
- Konsentrasi dan sentralisasi modal industri, perbankan dan komersial dalam konteks pasar yang semakin teregulasi.
- Pemisahan antara kepemilikan dan menajemen (control) dalam bisnis, termasuk berkembangnya hirarki manajerial birokratis yang kompleks yang melibatkan lahirnya sector-sektor baru intelegensia managerial, ilmiah dan teknologis – hal yang dipandang sebagai bagian dari suatu signifikan ideologis yang diberikan pada rasionalitas teknis dan pemujaan sains.
- Pertumbuhn jumlah tenaga kerja di pabrik-pabrik besar dan kekutan kolektif buruh.
- Berkembangnya industri manufaktur/ekstraktif sebagai sector dominant, bersamaan dengan tumbuhnya kota-kota industri besar.
Pustaka Acuan
Chris Barker, 2005. Cultural Studies, Teori dan Praktek. Yogyakarta: Bentang.
_________, Wacana, Jurnal Ilmu Sosial Transformatif Edisi 19, Tahun 2005. Yogyakarta: Insist Press.
0 komentar:
Posting Komentar