Anita
Rohma F. - (2009)
Perpustakaan
perguruan tinggi adalah suatu institusi yang melekat pada jalur
pendidikan formal, yang berfungsi untuk menunjang kegiatan program
pengajaran di universitas. Perpustakaan bertujuan untuk menyediakan
bahan pustaka rujukan bagi semua tingkatan akademis, yaitu mahasiswa,
staf pengajar/dosen, pegawai dan sebagainya. Ketersediaan bahan
pustaka merupakan salah satu indikator penilaianpengguna. Sebab
koleksi merupakan daya tarik dan perhatian bagi pengguna
perpustakaan. Selain itu perpustakaan dituntut untuk memenuhi
kebutuhan-kebutuhan pengajaran untuk mendukung kurikulum yang
berlaku. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana ketersediaan koleksi bahan pustaka serta prosentase
ketersediaannya di perpustakaan dalam menunjang kegiatan pengajaran,
dalam hal ini khususnya ketersediaan koleksi buku teks. Jenis
penelitian ini adalah penelitian deskriptif, sedangkan pendekatan
yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Data diperoleh
menggunakan metode survey.
Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini adalah silabus mata kuliah dan
katalog. Dalam analisisnya berdasarkan pada kategori-kategori mata
kuliah yaitu kategori mata kuliah wajib inti, kategori mata kuliah
wajib lokal, kategori mata kuliah pilihan bebas, kategori mata kuliah
peminatan psikologi sosial, peminatan psikologi pendidikan, peminatan
psikologi perkembangan, peminatan psikologi industri dan organisasi,
dan peminatan psikologi klinis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan
bahwa ketersediaan koleksi buku teks dalam bidang psikologi secara
keseluruhan tidak dapat disediakan oleh perpustakaan.
Skripsi full ada di Perpustakaan Universitas Airlangga
0 komentar:
Posting Komentar