Cindy
Charisma S - (2009)
Penelitian
perilaku penemuan informasi telah banyak dilakukan oleh para peneliti
di berbagai bidang seperti ilmuwan sosial, anak – anak, wanita dan
remaja. Dalam studi ini peneliti tertarik melakukan penelitian
perilaku penemuan informasi pada remaja khususnya siswa SMA dalam
merencanakan pendidikan lanjutan setelah lulus SMA. Alasan peneliti
melakukan penelitian ini dikarena perencanaan karir remaja setelah
lulus SMA perlu dipikirkan secara matang agar tidak terjadi
penyesalan di kemudian hari, perencanaan karir tersebut yaitu
perencanaan pemilihan program studi di perguruan tinggi. Perencanaan
pemilihan program studi dilakukan dalam bentuk perilaku penemuan
informasi yang meliputi sumber dan saluran informasi, hambatan dan
faktor – faktor yang mempengaruhi siswa dalam menemukan informasi.
Penelitian
ini menemukan bahwa siswa telah memiliki rencana program studi mana
yang akan dipilih beserta perguruan tinggi yang digunakan sebagai
tempat untuk melanjutkan studi. siswa merasa mudah memperoleh
informasi mengenai program studi karena kemudahan untuk mengakses
informasi dengan menggunakan media internet dan internet mampun
menyediakan atau memberikan segala bentuk informasi yang dibutuhkan
oleh siswa sehingga internet merupakan sumber dan saluran informasi
yang paling banyak digunakan oleh
siswa karena fleksibel dan mobile. Meskipun internet mampu memberikan
segala informasi yang dibutuhan oleh siswa tetapi siswa memiliki
hambatan atau kendala untuk meluangkan waktu mereka mencari informasi
yang disebabkan karena aktivitas dan kesibukan di sekolah dan diluar
sekolah. Faktor psikologi yaitu kemandirian memiliki pengaruh bagi
siswa dalam memilih program studi dan pilihan program studi teman
sebaya tidak mempengaruhi siswa dalam memilih program studi. Namun
teman sebaya menjadi motivator sekaligus kompetitor dalam proses
penemuan informasi dan pemilihan program studi.
Kata
kunci : perilaku penemuan informasi remaja, perencanaan karir, siswa
SMA
0 komentar:
Posting Komentar