Pages

Rekomendasi

Jumat, 14 Oktober 2011

Sikap Individu dalam Kelompok : INDIVIDUALIS

Seorang individualis biasanya adalah seorang yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Berani melakukan segala sesuatunya sendiri adalah bukti tingkat kepercayaan diri mereka yang begitu tinggi. Kuncinya adalah bukan menyudutkan para individualis ini tapi tahu dimana menempatkan mereka. Tempatkanlah mereka dalam suatu bidang kerja spesifik yang tidak mengharuskan mereka bekerja sama dengan anggota tim lainnya. Bidang kerja spesifik ini dapat berupa pembuatan proposal kerja sama sampai kepada dealing dengan client. Para individualis ini biasanya memiliki tingkat kinerja yang di atas rata-rata ketimbang anggota lainnya karena motivasi dan ambisi mereka untuk selalu lebih hebat daripada yang lainnya.

Tipe Pelaku Individualistis adalah orang-orang yang yakin akan diri sendiri dan sangat mandiri. Mereka orang-orang yang pendiam dan realistis, sangat rasional, dan sangat tegas. Mereka memelihara individualisme mereka dan senang menerapkan kemampuan mereka pada tugas-tugas baru. Namun mereka juga adalah orang-orang yang sangat spontan dan impulsif yang suka mengikuti inspirasi sekonyong-konyong mereka. Tipe Pelaku Individualistis adalah para pemerhati yang baik dan tajam yang menyerap segala sesuatu yang terjadi di sekitar mereka. Mereka tidak terlalu menyukai kewajiban; namun jika Anda memberi mereka ruang, mereka adalah orang-orang yang sesungguhnya tidak rumit, mudah bergaul, dan periang.

Satu hal yang perlu diketahui bahwa seorang individualis tidak pernah cocok bekerja dalam tim, tapi bukan berarti mereka tidak cocok menjadi bawahan atau bahkan pemimpin. Faktanya mereka biasa melakukan segala sesuatunya sendiri dan sangat yakin dengan hasil kerja mereka. Ketika ada orang lain yang ditugaskan untuk membantu mereka, para individualis ini cenderung menganggapnya sebagai ‘penghalang’ saja.

Sebagai bawahan, pemimpin akan mendapatkan kinerja yang sangat optimal dari seorang individu. Dan sebagai seorang pemimpin, bawahan akan mendapatkan seorang pemimpin yang berapi-api yang senantiasa mengarahkan bawahannya untuk mencapai ‘kesempurnaan’ dalam bekerja.

Kekurangan

  • Memiliki interaksi sosial yang rendah di lingkungan kerja
  • Cenderung tertutup
  • Melihat dunia dari sudut pandang mereka sendiri.
  • Melakukan segala sesuatunya seolah seperti apa yang mereka inginkan
  • Tidak cocok untuk bekerja dalam tim
  • Menganggap mereka yang membantunya sebagai penghalang/penghambat kerjanya.

Kelebihan

  • Memiliki tingkat percaya diri yang tinggi
  • Memiliki standar kerja yang tinggi
  • Yakin akan kemampuan yang dimilikinya
  • Mencari kesempurnaan dalam bekerja

Jenis Pekerjaan Seorang Individualis

  1. Programmer
  2. Network Administrator.
  3. Web Development / Web Master
  4. Pelukis
  5. Desainer
  6. Conductor
  7. Supir
  8. Buruh Pabrik
  9. Jurnalis (Pembuat Berita)
  10. Kataloger
  11. Klasifier

0 komentar: