Pages

Rekomendasi

Sabtu, 24 September 2011

Street Entrepreneur VS College Entrepreneur

Street Entrepreneur menurut saya adalah seorang pengusaha yang tidak pernah mengenyam pendidikan dalam memulai usahanya, atau dia tidak menempuh pendidikan khusus untuk memulai usahanya. Biasanya pengusaha yang memiliki latar belakang pendidikan yang kurang seperti putus sekolah. Mereka memulai usahanya dengan otodidak dan belajar dari pengalaman-pengalaman yang telah dijalani atau yang disebut dengan trial dan error, karena bagi mereka pengalaman adalah guru terbaik. Melalui pengalaman inilah pelajaran berwirausaha didapatkan, dan pelajaran yang didapat dari pengalaman akan mudah diingat.

Salah satu pengusaha (street entrepreneur) yang sukses adalah penguasaha “Pentol Ubaya” yang bernama Babang, dimana dia hanya seorang lulusan SMP, namun sekarang dia sudah memiliki anak buah yang cukup banyak.

Sedangkan college entrepreneur menurut saya adalah seorang pengusaha yang sebelumnya memang sudah menempuh pendidikan yang cukup, seperti lulusan perguruan tinggi. Salah satu college entrepreneur indonesia yaitu Tirto Utomo, pendiri Aqua Golden Mississipi.

Pendapat saya mengenai Street Entrepreneur dan College Entrepreneur, semua pada dasarnya sama-sama bagus. Namun, dikedua jenis pengusaha ini ada perbedaan sosial didalamnya, dimana latar belakang mereka berbeda. Namun, apabila dilihat dari segi semangat berusaha, saya lebih salut untuk yang jenis Street Entrepreneur. Mereka cenderung memiliki semangat berjuang yang tinggi, walau hanya bermodal kreatifitas dan keberanian dalam mencoba usaha (trial and error), tentunya dengan konsekuensi kegagalan yang berulang kali. Dengan keadaan sosial awal mereka yang kurang beruntung, sehingga mereka tidak mampu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Namun, mereka tetap berjuang hingga akhirnya mereka mencapai sukses.

0 komentar: