Pages

Rekomendasi

Jumat, 19 Oktober 2012

Hambatan-hambatan dalam menemukan informasi


Wilson mengajukan unsur hambatan dalam model perilaku informasi. Hambatan tersebut terdiri dari:
1.      Hambatan internal
a.       Hambatan kognitif dan psikologis
Hambatan kognitif dan psikologis terdiri dari
> Disonansi kognitif
Gangguan ini terkait dengan motivasi individu dalam berperilaku. Disonansi ini merupakan adanya konflik dalam kognisi individu sehingga membuat individu merasa tidak nyaman, akibatnya mereka akan berupaya memecahkan konflik tersebut dengan satu atau beberapa jalan penyelesaian.
> Tekanan selektif
Individu akan cenderung terbuka dengan gagasan yang sejalan dengan minat, kebutuhan, dan sikap mereka. Namun secara sadar atau tidak manusia sering menghindari pesan yang berlawanan dengan pandangan dan prinsip mereka (Faber, et.al. 2006).

> Karakteristik emosional
Hambatan ini berkaitan dengan kondisi emosional dan mental seseorang ketika menemukan informasi, faktor emosional juga terkait dengan suasana hati ketika menemukan informasi.
b.      Hambatan demografis
Hambatan demografis terdiri dari
> Tingkat pendidikan dan basis pengetahuan
Tingkat pendidikan dan pengetahuan yang dimiliki oleh individu akan mempengaruhi dalam penemuan informasi.
> Variabel demografi
Perilaku penemuan informasi dipengaruhi juga oleh atribut sosial kelompok (karakteristik demografis dan status sosial ekonominya). Atribut ini dapat berpengaruh pada metode-metode yang digunakan dalam menemukan informasi.
c.       Hambatan interpersonal
Hambatan interpersonal dapat terjadi ketika terjadi kesenjangan antara komunikator dengan komunikan, sehingga apa yang diinginkan oleh komunikan tidak dapat terpenuhi.
d.      Hambatan fisiologis
Hambatan ini dapat berupa cacat fisik dan mental, baik karena bawaan lahir atau karena faktor lain.

2.      Hambatan eksternal
a.       Keterbatasan waktu
Terbatasnya waktu dapat menjadi hambatan dalam penemuan informasi, aktivitas yang padat memungkinkan berkurangnya waktu untuk menemukan informasi yang dibutuhkan.
b.      Hambatan geografis
Lokasi yang jauh dari sumber informasi dapat menjadi hambatan geografis, sehingga memerlukan waktu yang lama untuk bisa mengaksesnya.
c.       Hambatan yang berkaitan dengan karaktetristik sumber informasi
Ada beberapa faktor yang berpengaruh dalam karakteristik sumber informasi, yaitu ketersediaan dan kredibilitas informasi serta saluran komunikasi (Faber, et.al., 2006).
Selain hambatan, ada juga sejumlah faktor yang mempengaruhi perilaku penemuan informasi tersebut. Seperti yang diungkapkan oleh Nicholas (dalam Coetze, 2000) yang menyatakan bahwa ada beberapa faktor yang menentukan keberhasilan seseorang dalam mengakses informmasi guna memenuhi kebutuhan informasinya. Faktor-faktor informasi tersebut meliputi: (1) Personalitas seseorang, yang antara lain semangat untuk berusaha mencari informasi meskipun pernaha gagal, motivasi, keinginan mengakses sumber lain dan kemampuan mengakses secara sistematis; (2) Berkaitan dengan waktu, keterbatasan waktu untuk menyelesaikan tuggas atau kepentingan tertentu; (3) Berkaitan dengan akses informasi yang antara lain bahasa, jarak dengan sumber informasi dengan posisi pencari informasi, pengetahuan tentang sumber, kemudahan, dll.; (4) Ledakan informasi (Information overload) ; (5) Masalah finansial


Lihat Juga

1 komentar:

Unknown mengatakan...

mau nanya judul buku referensi yg dipake apa aja?