Pages

Rekomendasi

Rabu, 17 Oktober 2012

KARAKTERISTIK DAN KLASIFIKASI JASA


KARAKTERISTIK JASA
         Dalam berbagai riset & literature managemen SERVICE memiliki 4 karakteristik yg membedakan dari GOODS, yaitu :
            - INTANGIBILITY
            - HETEROGENETY/ VARIABILITY
            - INSEPARABILITY
            - PERISHABILITY       

INTANGIBILITY
         Jasa tidak bisa dilihat, dirasakan, dicicipi atau disentuh
         Jasa tidak bisa disimpan, akibatnya
         Fluktuasi permintaan jasa sulit untuk dikendalikan
         Jasa tidak mudah dipatenkan secara sah à mudah ditiru pesaing
         Jasa tidak mudah di display setiap saat atau dgn mudah dikomunikasikan
         Jasa sulit ditentukan harganya

HETEROGENETY/ VARIABILITY
         Output jasa adalah bervariasi, sehingga sulit di standarisasi, karena variasi keinginan konsumen yg berbeda-beda
         Unjuk kerja dalam menyampaikan jasa SDM berbeda-beda dari hari ke hari, bahkan jam ke jam
--> Inskonsistensi

 INSEPARABILITY
         Karakteristik kaitan antara produksi dan konsumsi terjadi secara simultan.
         Konsumen sering harus berada di tempat jasa yg dimintanya di proses, sehingga konsumen melihat atau bahkan ambil bagian dalam proses produksi
  
PERISHABILITY   
         Jasa tidak bisa disimpan, dijual lagi atau dikembalikan, karena itu merupakan komoditas yang tidak tahan lama

PERBEDAAN KARAKTERISTIK BARANG DAN JASA
         TANGIBLE                             VS       INTANGIBLE
         STANDARISASI                  VS       HETEROGEN
         PRODUKSI &  KONSUMSI TERPISAH VS      PRODUKSI & KONSUMSI SIMULTAN
         TDK MUDAH   MUSNAH        VS     PERISHABLE





KLASIFIKASI JASA
            Secara garis besar à didasarkan atas 7 kriteria :
  1. Segmen Pasar
  2. Tingkat Keberwujudan
  3. Ketrampilan Penyedia Jasa
  4. Tujuan Organisasi Jasa
  5. Regulasi
  6. Tingkat Intensitas Karyawan
  7. Tingkat Kontak Penyedia Jasa & Pelanggan




Klasifikasi Jasa dari sudut pandang Konsumen
         For Consumer ( facilitating services)
         To Consumer ( human services)


0 komentar: